Kegiatan Non Penelitian Tahun 2012
Strategi dalam melakukan kegiatan Dokinfo dan Pangkalan Data terbagi dalam empat tahap. Berdasarkan kegiatan tahap I pada tahun 2007, Pangkalan Data Pusat Penelitian Politik saat ini telah memiliki database untuk data-data hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, database personil peneliti dan telah terbangun ini database koleksi perpustakaan pusat penelitian politik dan teraplikasinya sistem automasi perpustakaan Pusat Penelitian Politik dalam software Library Management System. Pada tahap ini, telah menghasilkan tersedianya Database Laporan hasi penelitian P2P sejak tahun 1981-2006 dalam sebuah software yang dapat ditemubalik. Laserfische 2.1. Kegiatan di atas dilanjutkan pada tahap II (tahun 2008) berupa pembuatan Database Biografi Peneliti P2P berikut seluruh hasil karya dalam penelitian DIPA dan karya tulis pribadi di media massa. Adapun hasil yang telah dicapai adalah tersedianya Database Biografi 50 (lima puluh) orang peneliti P2P berikut seluruh karya tulis pribadinya dalam software doc.viewer; data dapat ditampilkan secara full text; dan data dapat ditemubalik per kategori peneliti, per artikel, per tahun, pertema dan per bidang penelitian.
Lalu pada tahap III (tahun 2009) kegiatan pengelolaan pangkalan data difokuskan pada pembuatan pangkalan data koleksi perpustakaan Pusat Penelitian Politik sekaligus akan mengintegrasikan koleksi tersebut sistem automasi perpustakaan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan proses temu balik seluruh koleksi perpustakaan P2P dan menerapkan sistem perpustakaan yang tertata baik dari sisi administrasi perpustakaan, sirkulasi bagi pengguna dan pengkatalogan koleksi perpustakan. Automasi sistem perpustakaan adalah implementasi TI pada pekerjaan administratif di perpustakaan. Seperti proses pengadaan, pengatalogan, sirkulasi, dan inventarisasi. Dengan sistem automasi perpustakaan yang reliable, kualitas dan availability layanan bisa terukur. Pada akhirnya semua itu bisa meningkatkan kepuasan pemakai perpustakaan. Pada tahap ini, tim pada awalnya merencanakan untuk mengaplikasikan software aplikasi Athenaeum Light 8.5 tetapi berubah dengan pertimbangan software Aplikasi Senayan yang dikembangkan oleh Perpustakaan Diknas lebih menjanjikan software yang berbasis web.
Sementara pada tahap IV (tahun 2010-2011), kegiatan pengembangan pangkalan data difokuskan pada data entry untuk setiap data base yang telah dibangun. Masing masing data base yang telah dibangun memiliki karakterisitik input data yang berbeda, sehingga diperlukan waktu, sumber daya manusia sekaligus dana untuk pelaksanaan kegiatan data entry ini. Mengingat data yang terkumpul ada dalam jumlah yang sangat besar, direncanakan kegiatan data entry akan dibagi secara bertahap. Tahun 2010 kegiatan yang dilakukan meliputi proses klasifikasi, scanning data dan entry untuk buku-buku laporan penelitian, karya peneliti, dan buku-buku koleksi perpustakaan P2P-LIPI 2007-2009.
Rencana strategis Kegiatan Lima Tahun Kedua (Restra II Tahun 2012-2016) adalah: Tahap I (2012) penambahan item tema riset, bidang riset dan jenis riset yang dilakukan puslit; Tahap II (2013) penambahan data peneliti dan karyanya untuk kepentingan penambahan angka kredit dalam jabatan fungsional peneliti (P2JP) dan kegiatan satker dengan seluruh dokumentasinya; Tahap IV ( 2014). Pengelolaan Data Mentah atau secondary data dengan tema kajian Puslit sesuai dengan Renstra Penelitian Puslit; Tahun V (2015) Evaluasi dan Entri data Kegiatan Lima Tahun Kedua Tahap I sampai dengan IV. Kegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Pangkalan Data Tahun 2012 hanya difokuskan pada satu pekerjaan yaitu Operasi Alihmedia yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu : Alih Media Buku Laporan DIPA ke bentuk Pdf File, Alih Media Karya Peneliti P2P, dan Alih Media Buku berdasar Tema Terbitan P2P.