studi pemekaran

studi pemekaran Title: Studi Tentang Pemekaran: Pemetaan Problematika Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya di Daerah-Daerah Pemekaran Era Reformasi 
Type: Book
Author: Tri Ratnawati (editor), Afadlal, Nyimas Latifah Letty A. 
Publisher: LIPI Press
Year: 2009

Studi Tentang Pemekaran: Pemetaan Problematika Politik, Ekonomi dan Sosial Budaya di Daerah-Daerah Pemekaran Era Reformasi dilakukan dengan memahami konseptualisasi ideal dibalik proses pembentukan kota/kabupaten baru melalui pemecahan wilayah. Konseptualisasi mengambil narasi pengalaman empirik sistem pemerintahan dan kehidupan masyarakat dipadukan dengan rumusan teoritik yang berjalan di negara-negara berkembang. Permasalahan pokok yang menjadi fokus konseptualisasi adalah menyangkut penyelenggaraan desentralisasi politik di kalangan pemerintah dan masyarakat di wilayah administrasi baru, mengingat politisasi dan pemolitikan proses-proses pemekaran yang sangat tinggi.

Pemekaran daerah di era reformasi dengan contoh permasalahan kota Metro dan kabupaten Way Kanan menampilkan wajah genda positif-negatif. Kecenderungan gambar negatif lebih impressif karena penyelenggaraan pemekaran banyak didorong oleh pertimbangan-pertimbangan individual dan jangka pendek. Pembangunan infrastruktur terlihat paling nyata, sementara tujuan desentrasiliasi politik masih terasa jauh. Pemekaran bagaimana pun harus mempertimbangkan pengembangan potensi daerah dan kepentingan strategi nasional.