cover dinamika peran

cover dinamika peranTitle: Dinamika Peran Elite Lokal Pasca Orde Baru: Studi Kasus Pergeseran Peran Toan Guru Di Lombok Timur 
Type: Book
Author: Irine Hiraswari Gayatri (editor), Heru Cahyono, Septi Satriani
Publisher: LIPI Press
Year: 2009

Studi “Dinamika Peran Elite Lokal Pasca Orde Baru Studi Kasus Pergeseran Peran Toan Guru Di Lombok Timur” ini memusatkan analisanya pada transformasi elite lokal dalam konteks demokratisasi pasca Soeharto di Lombok Timur. Sebagai “lensa” untuk sekaligus memahami dinamika politik lokal, studi ini menelaah transformasi peran, kedudukan dan sumber daya dari elite lokal yaitu Toan Guru dalam setting lokal yang kompleks oleh pengelompokan politik berbasiskan identitas agama/etnis di Kabupaten (Kab.) Lombok Timur (Lotim).

Toan Guru sebagai elite lokal menguasai diskursus simbolik dan kultur masyarakat Lombok Timur serta pada taraf tertentu mempunyai pengaruh cukup kuat dalam institusi-institusi birokrasi dan non birokrasi. Toan Guru ditopang legitimasinya oleh charisma dan sumberdaya material di hadapan umatnya dan dengan ini mereka ‘mewarnai’ rivalitas politik dan ekonomi lokal.

Disebabkan oleh kompleksitas fakta social dan historisnya, unit analisa studi ini tidak terbatas pada dua wilayah penelitian yaitu di Desa Pancor dan Kelurahan Jerowaru melainkan juga mencakup fenomena elite lokal Toan Guru dalam konteks Kabupaten Lombok Timur. Mengapa penting untuk tidak membatasi telaah terhadap dinamika elite lokal hanya pada tingkat desa? Salah satu argumennya bersumber dari historisitas munculnya kajian ilmu sosial yang mengaitkan isu-isu dinamika sosial, ekonomi dan politik yang berlangsung di desa dengan konteks di luar desa di Indonesia, terutama dalam konteks Indonesia pasca Soeharto.