Jakarta – Humas BRIN. Organisasi Riset  Arkeologi, Bahasa, dan Sastra (OR Arbastra), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelengg,arakan Pameran Virtual Hasil Riset, Karya Tulis Ilmiah Nasional dan Internasional, Tulisan Populer, serta Dokumentasi Kegiatan Ilmiah Tahun 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid dengan pusat pengendalian acara di kawasan kerja Pejaten Pasar Minggu, Jakarta selatan, Rabu (18/01).

Dalam sambutan pengantar, Hery Jogaswara selaku Kepala OR Arbastra menyampaikan, kegiatan tersebut untuk mengisi ruang-ruang mulai dari baca puisi, jumpa selayar, sarapan pagi, pidato kebudayaan, diskusi dan paparan, disabilitas, dan sebagainya.

Sambil menjelaskan, Harry menginformasikan, sampai saat ini peneliti yang bergabung di OR Arbastra mencapai 427 orang. OR Arbastra mempunyai 7 Pusat Riset yang meliputi, Arkeologi Prasejarah & Sejarah; Arkeologi Lingkungan, Maritim dan Budaya Berkelanjutan; Arkeometri; Preservasi Bahasa dan Sastra; Bahasa, Sastra, dan Komunitas; Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan; dan Khazanah Keagamaan dan Peradaban.

Ia mengatakan, kegiatan yang bertajuk Panen Raya BRINISIATIF Riset Untuk Negeri ini merupakan capaian/ keberhasilan OR Arbastra dalam memberikan sumbangsih untuk produksi ilmu pengetahuan,  dalam menyatukan simpul-simpul identitas kebangsaan dan peradaban nusantara. Di mana, hasil riset nya sangat berkontribusi untuk smenjawab persoalan bangsa, serta memberi dampak pada pembangunan Indonesia maju sekaligus ilmu pengetahuan secara global.

Istilah panen raya digunakan lantaran merupakan suatu peristiwa yang menguatkan dalam produk ilmu pengetahuan. Panen raya juga sebagai simbol dari suatu kegembiraan setelah musim tanam yang memiliki nilai untuk bersaing dan merupakan puncak penelitian.

Ia juga menyampaikan, lingkup penelitiannya penelitian seperti halnya musim tanam melalui sawah, ladang, kebun, dan laut. Harapannya yang menjadi penyemangat dalam kegiatan pembuka ini yaitu, hasil lebih baik dari tahun 2022.

Dituturkannya, sebagai periset, pihaknya bangga bisa mewarisi kegiatan yang bakalan diselenggaekan setiap tahun. Panen raya sebagai suatu tradisi mempublikasikan hasil ada kreativitas setiap musim tanam. Maka, ia berniat memberi sumbangsih bagi produksi ilmu pengetahuan di tanah air, terutama invensi dan inovasi dalam bidang arkeologi, bahasa, dan sastra.

Pada kesempatan ini ditampilkan video profil OR Arbastra berisi hasil riset 2022 sebanyak 73 konten, mulai dari perjalanan menelusuri manuskrip masa lalu hingga kini, penggalian situs, mengungkap jejak jejak masa lalu, serta perjalanan produksi pengetahuan hingga 2022.Selain itu ditampilkan video tentang publikasi baik melalui jurnal Internasional dan nasional, prosiding, buku ilmiah, buku bunga rampai, webinar, penerimaan Ahmad Bakri Awasrd, serta buletin. Kemudian disampaikan testimoni suka duka para peneliti, tim pendukung mulai dari sekretaris, perencana, sampai ke keuangan. (Sur/Ed: And)