Tahun : 2010

Pentingnya pengembangan ekonomi kreatif dikumandangkan oleh Pemerintah di bulan Oktober 2007 saat pembukaan Trade Expo Indonesia. Saat ini peranan ekonomi kreatif masih relatif kecil yaitu sekitar 6,3 persen terhadap PDB. Namun demikian, potensi pengembangan ekonomi kreatif sangat besar untuk dikembangkan. Industri kreatif merupakan jantung dari ekonomi kreatif. Industri kreatif dicirikan oleh empat indikator utama yaitu warisan budaya (heritage), seni (arts), media, dan kreasi fungsional (functional creation).
Ekonomi kreatif akan semakin menunjukkan dinamika yang tinggi terlebih saat ini perhatian lembaga dunia seperti UNDP dan UNCTAD juga memberikan perhatian khusus dengan menerbitkan buku yang berjudul ekonomi kreatif. Studi yang dirancang selama 5 tahun ini diarahkan untuk memberikan masukan secara komprehensif kepada pemerintah akan model, strategi dan kebijakan yang perlu dilakukan guna menjadikan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak pembangunan ekonomi di masa depan.