Kegiatan Non Penelitian Tahun 2011

Kegiatan penelitian yang akan ditampung meliputi kegiatan penelitian mandiri dan kelompok. Kegiatan penelitian mandiri yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap peneliti dalam mengkaji dan mengulas perkembangan politik aktual. Hal tersebut tentunya berguna dan erat dengan pengembangan core competence peneliti yang bersangkutan. Kegiatan penelitian kelompok dilakukan dalam kerangka DIPA. Jenis penelitian yang terakhir ini biarpun telah mendapat ruang dalam bentuk laporan penelitian akhir tahun namun perlu disebarluaskan dalam bentuk dalam penerbitan berkala dalam bentuk ringkasan laporan penelitan.

Kegiatan penelitian dan akademis di Pusat Penelitian Politik LIPI tidak hanya berbentuk laporan penelitian. Dalam rangka mengkaji sebuah permasalahan aktual, kegiatan diseminasi ide dan kajian akademis juga dilakukan dalam bentuk seminar –terbuka maupun terbatas– dan diskusi intern. Kegiatan ini bukan hanya menampilkan penyaji dari kalangan internal Pusat Penelitian Politik LIPI. Pihak lembaga penelitian lain dan pengambil kebijakan juga dilibatkan sebagai penyaji untuk lebih memberikan masukan dan pandangan pembanding.

Hasil seminar dan diskusi tersebut merupakan bentuk kajian akademis yang layak untuk disebarluaskan kepada publik. Materi diskusi yang aktual dan keragaman pandangan yang dikemukakan dalam forum-forum tersebut memliki nilai lebih jika didokumentasikan dan dipublikasikan lebih lanjut. Pelaporan materi hasil kedua kegiatan tersebut melalui media cetak dapat membuka peluang diskusi yang lebih luas dengan publik di luar yang tidak hadir dalam forum tersebut.

Menimbang semua kegiatan tersebut, publikasi dalam bentuk jurnal menjadi perhatian penting untuk diwujudkan. Kegiatan mandiri dari peneliti P2P perlu ditampung dalam media terbit secara berkala. Jenis penerbitan seperti jurnal diutamakan menampung naskah akademik yang merupakan hasil dari kajian bidang studi politik yang dilakukan oleh peneliti baik secara mandiri maupun berkelompok. Topik yang dikaji dapat berupa perkembangan terkini dari kondisi politik –baik, nasional, dan internasional– maupun kajian yang bersifat teoritis sebagai bagian dari wacana dikalangan akademisi politik. Penerbitan jenis jurnal ini mengambil waktu terbit pada pertengahan dan akhir tahun.

Kegiatan penerbitan jurnal tersebut berlanjut pada pendistribusian kepada publik, khususnya lembaga mitra Pusat Penelitian Politik LIPI di seluruh Indonesia. Lembaga mitra tersebut meliputi lembaga yang membutuhkan hasil dan juga bergerak di bidang atau rantai kerja yang terkait dengan Pusat Penelitian Politik LIPI. Pihak mitra Pusat Penelitian Politik LIPI yang akan menjadi sasaran distribusi hasil media cetak tersebut adalah pihak pemerintah –legislatif dan ekskutif– di tingkat nasional, dan provinsi; selain juga terutama lembaga pendidikan dan penelitian lain seperti universitas.