Kegiatan Non Penelitian Tahun 2013 

Penerbitan Media Cetak merupakan bagian penting dari tugas pokok Pusat Penelitian Politik LIPI sebagai badan penelitian pemerintah. Kegiatan penelitian dan kegiatan akademis di lingkungan Pusat Penelitian Politik LIPI perlu dipublikasikan secara luas kepada masyarakat banyak. Penyebaran informasi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah yang dilakukan Pusat Penelitian Politik LIPI dapat menjadi sumber pertimbangan lembaga mitra dalam mengambil langkah kebijakan dan akademis. Rantai keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Politik LIPI dan berbagai pihak yang membutuhkan masukan akademis dan bahan kajian lebih lanjut dapat dijembatani dengan tersedianya media yang menjadi sarana publikasi hasil kegiatan akademis tersebut.
 
Penerbitan Media Cetak di lingkungan Pusat Penelitian Politik LIPI bertujuan menampung seluruh hasil kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI baik yang bersifat mandiri maupun berkelompok atas nama lembaga. Kegiatan mandiri dan berkelompok sangat perlu diketahui oleh masyarakat umum sebagai bagian dari penyebar-luasan hasil pemikiran dan sarana diskusi ilmiah secara tertulis. Kegiatan ilmiah tersebut akan ditampung dalam penerbitan yang akan terbit secara berkala.
 
Penerbitan yang akan dilakukan terdiri dari penerbitan Jurnal Penelitian Politik Pusat Penelitian Politik LIPI sebagai terbitan berkala. Penerbitan jurnal telah dilakukan sejak tujuh tahun lalu.