Kegiatan Non Penelitian Tahun 2013 

Proposal ini merupakan proposal lanjutan dari penelitian tahun-tahun sebelumnya di Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI). Khususnya bagi P2P LIPI sebagai rumah dari peneliti yang menekuni bidang-bidang ilmu sosial, politik dan humaniora, website merupakan media penting yang menghubungkan peneliti dengan “dunia luar” secara cepat dalam hitungan nano second. Pada tahun 2005-2008 website P2P menggunakan sistem PHP (Personal Home Page) sedangkan sejak tahun 2009 website P2P LIPI memilih untuk menggunakan sistem berbasis manajemen konten atau Content Management System, disingkat CMS dengan salah satu produknya adalah Joomla yang merupakan perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau mengubah isi dari suatu situs web www.politik.lipi.go.id
 
Hingga tahun 2012, tim website telah mendapatkan dukungan dari P2P berupa tempat yang representatif untuk menyelenggarakan kegiatan upload dan pengembangan secara teknis, melakukan serangkaian modifikasi dan maintenance pada keseluruhan sistem website baik dari aspek content website maupun teknis sehingga lebih user friendly. Selain itu telah dilakukan pula modifikasi content dengan adanya KOLOM yang spesifik dan mencerminkan core competent serta interest dari para peneliti Bidang Politik Nasional, Politik Lokal dan Politik Internasional. 
 
Pada tahun 2013, website akan memusatkan aktivitasnya pada pengembangan profil website dengan J! Profile “Website Content Management System for Corporate” yang merupakan mekanisme solusi handal dalam pengelolaan konten online untuk website dari sebuah lembaga riset ilmiah seperti P2P LIPI. J!Profile ini dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan web adnin dan pengembang website dalam manajemen sebuah website. Selain itu untuk semakin mengembangkan mutu website, maka dengan profil baru ini lebih dinamis dengan berbagai fasilitas antara lain video galeri, fasilitas download, agenda kegiatan, dll.