Kegiatan Non Penelitian Tahun 2012 

Kegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Pangkalan Data tidak saja bermanfaat bagi diseminasi hasil-hasil penelitian secara luas namun juga untuk membangun kerjasama dengan mitra lain secara global dan sekaligus merupakan media efisien untuk memudahkan peneliti menemu balik hasil penelitian yang sudah dilakukan agar tidak overlapping dan mencapai independensi data dan informasi .
 
Berdasar Renstra Kegiatan Lima Tahun Pertama (Renstra I – Tahun 2007-2011) Pembangunan dan Pengelolaan  Pangkalan Data, kegiatan Tahap I (2007) dan Tahap II (2008) tim Pangkalan Data Pusat Penelitian Politik  telah berhasil membuat database untuk  data-data hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan database personil peneliti.  Hasil  kegiatan  Tahap III (2009)berupa terbangunnya database koleksi perpustakaan pusat penelitian politik dan teraplikasinya sistem automasi perpustakaan Pusat Penelitian Politik dalam software Library Management System berupa Senayan Stable 10, dengan catalog online:http://library.politik.lipi.go.id. Pada Tahun ke IV dan V (2010-2011) kegiatan pengembangan pangkalan data difokuskan pada entri data untuk setiap data base yang telah dibangun. Kegiatan yang dilakukan meliputi proses klasifikasi, alih media dan entri data untuk buku-buku laporan penelitian, karya peneliti dan buku-buku koleksi perpustakaan P2P-LIPI.
 
Rencana strategis  Kegiatan Lima Tahun Kedua (Renstra II – Tahun 2012-2016)adalah pada: Tahap I (2012) proses klasifikasi, alih media dan entri data untuk setiap database yang telah dibangun dan penambahan item penelitian kajian kompetitif tahap I berikut klasifiksi,alih media dan entri datanya ; Tahap II (2013); ) proses klasifikasi, alih media dan entridata pada tiga database ditambah item kajian kompetitif tahap II dan penambahan item baru untuk hasil-hasil penelitian kerjasama P2P. Tahap IV (2014) berupa pengelolaan data mentah atau secondary data dengan tema kajian Puslit sesuai dengan Renstra Penelitian Puslit; Tahun V (2015) Evaluasi dan Entri data Kegiatan Lima Tahun Kedua  Tahap I sampai dengan IV.
 
Kegiatan 2013 difokuskan pada : Proses klasifikasi, alih media dan  entri data di tiga database yang sudah tersedia (Laserfische, Doc viewer dan Senayan) dan penambahan item kajian kompetitif lanjutan tahun 2012 dan penambahan item baru untuk hasil-hasil penelitian kerjasama P2P.