Kegiatan Non Penelitian Tahun 2011 

Dokinfo sebagai Pangkalan Data pada mulanya menangani masalah pembelian buku, hadiah maupun dengan cara exchange. Buku – buku tersebut selanjutnya akan dipergunakan oleh para peneliti khususnya dan para pengunjung pada umumnya. Buku – buku tersebut dipakai sebagai bahan referensi karya tulis, baik buku yang berupa makalah maupun tulisan – tulisan lainnya. Banyak pula mahasiswa yang menggunakannya guna pembuatan tesis/skripsi. Maka dari itu perlunya Dokinfo memproses sejumlah buku beserta laporan hasil penelitian yang nantinya akan dimasukkan kedalam buku induk dan dilakukan pembuatan diskripsi dan klasifikasinya, selanjutnya buku-buku dan juga hasil laporan penelitian dimasukkan ke dalam satu sistem data base yang bernama Winissis/CDIS. Sementara itu cara melakukan pencariannya yakni dengan melalui nama pengarang, judul, maupun dengan melalui subjek bukunya. Hingga akhir tahun 2010 buku yang diproses (Winissis) masih seperti tahun yang lalu sebab sementara ini kegiatan di fokuskan untuk Kegiatan Pangkalan Data, akan tetapi  kegiatan Winissis/CDIS ini nantinya akan terus dilakukan secara berkala.
 
Dokinfo sebagai pangkalan data sejak tahun 2007 hingga saat tahun 2011 ini mengalami penambahan kegiatan (sistem) mengingat tujuan dari pengembangan pangkalan data adalah untuk membantu pengelolaan data dan informasi penelitian sekaligus juga membantu pemberian layanan akses informasi penelitian kepada para peneliti dan publik secara cepat dan efisien. Untuk melakukan kegiatan tersebut dibutuhkan tempat penyimpanan dan tempat pengelolaan dalam sebuah database. Berbagai data tercetak maupun elektronik  yang menyajikan informasi tentang kumpulan berbagai macam data dan informasi merupakan bahan masukan bagi pangkalan data. Sejalan dengan pengembangan kegiatan penelitian yang semakin hari semakin luas dan kompleks maka tersedianya sistem pengelolaan data yang efisien dan tepat merupakan dukungan penting bagi terlaksananya pengembangan kegiatan penelitian di lingkungan Pusat Penelitian Politik ( P2P ) – LIPI. 
 
Kemajuan Teknologi informasi dan komputerisasi pada saat ini dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan kemajuan teknologi tersebut maka data serta informasi hasil penelitian dapat dikelola secara tepat dan efisien dan yang pada akhirnya akan menguntungkan bagi pengelolaan sumber daya lainnya. Selain itu dengan tersedianya Pangkalan Data beserta sistem pengelolaannya sangat bermanfaat guna meningkatkan efisiensi proses analisa data serta dokumentasi hasil-hasil penelitian. Dan hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan daya kerja lembaga.
 
Lalu perkembangan teknologi informasi khususnya di bidang internet juga telah mejadi bagian penting dalam kegiatan komunikasi global tanpa batasan waktu dan wilayah. Penggunaan website sebagai wadah pertukaran informasi dan komunikasi secara global telah diyakini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kerjasama dengan pihak terkait sekaligus sebagai media untuk penyebarluasan hasil-hasil penelitian. Website yang mampu menampilkan data yang informatif, akurat dan up to date, akan sangat bergantung pada kemampuan pengelola web dalam menyediakan informasinya. Keberadaan Pangkalan Data yang lengkap dan komprehensif secara khusus akan sangat mendukung tampilan website. Jadi secara umum terbangunnya pangkalan data ini bertujuan mempermudah peneliti untuk melakukan pencarian dan penelusuran data-data maupun informasi yang ingin dicarinya, maupun data atau informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan.
 
Pengembangan Pangkalan Data yang berkualitas memerlukan sistem model pengelolaannya serta sumber daya yang cukup, tidak saja dari segi sarana dan prasarana fisik namun juga keahlian yang memadai sesuai dengan luaran yang diharapkan. Hal ini diperlukan agar data – data yang didapat selalu mutakhir, dan guna menunjang keberadaan web site Pusat Penelitian Politik ke depan. Selain itu fasilitas intranet perlu juga dikembangkan lebih lanjut mengingat bahwa intranet tidak hanya meningkatkan komunikasi internal namun juga efisiensi kerja dan lainnya dalam penyampaian informasi tertulis. Pertukaran informasi yang dilakukan peneliti terutama yang berkaitan dengan tugas penelitian juga dilakukan dengan mudah dan efisien dengan menggunakan fasilitas intranet.
 
Sejalan dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang didukung dengan kegiatan penelitian yang semakin kompleks. Pangkalan data tidak saja bermanfaat bagi pengelompokan hasil – hasil penelitian secara luas, namun juga untuk membangun kerja sama dengan mitra lain secara global dan sekaligus merupakan media efisien untuk memudahkan peneliti menemu balik data – data penelitian. Untuk itu Pusat Dokumentasi dan Informasi Pusat Penelitian Politik akan membangun pangkalan data elektronik yang akan memuat data – data bibliografis bahan penelitian berupa koleksi buku, hasil – hasil penelitian yang telah dilakukan, database personil peneliti secara lengkap.
 
Kegiatan pangkalan data dimulai di tahun 2007, dan selanjutnya di tahun kedua, tahun 2008 pangkalan data bertujuan untuk menangani hasil publikasi pribadi para peneliti berupa tulisan-tulisan dalam bentuk buku, jurnal artikel baik dalam surat kabar, media elektronik, maupun hasil kerjasama para peneliti Pusat Penelitian Politik. Semua disatukan dalam bentuk sebuah software, yang nantinya software ini dapat memudahkan para peneliti menemukan kembali daftar publikasinya guna kepentingan administrasi di lembaga,umum dan pribadi.