Kegiatan Non Penelitian Tahun 2011 

Pengembangan website P2P LIPI yang lebih canggih, dengan desain yang menarik, komunikatif dan interaktif. Dengan pembenahan yang komprehensif, diharapkan website P2P LIPI dapat menjadi media komunikasi yang efektif antara peneliti P2P dalam menunjang tugas-tugas penelitian, selain menjadi media promosi  untuk beragam hasil kajian para peneliti P2P agar dapat memberikan manfaat optimal bagi para pengunjung website P2P LIPI. Hal ini dapat terwujud dengan pembenahan dukungan maintenance yang berkala dan berkelanjutan serta diiringi peningkatan kualitas layanan seperti kecepatan dan kemudahan akses, dengan tetap memperhatikan peningkatan kualitas substansi yang ditampilkan di website sehingga selalu up to date. 
 
Dalam tahun-tahun sebelumnya website P2P LIPI memiliki menu tampilan yang berisi tentang current issue, hot news, kolom, P2P menjawab, dan kegiatan. Current issue adalah sebuah rubrik yang berisi mengenai topik-topik politik yang lagi hangat. Topik ini tidak saja terkait dengan peristiwa politik yang terjadi dalam skope nasional melainkan juga lokal dan internasional. Biasanya redaksi sengaja mewawancarai salah satu peneliti P2P LIPI yang memang memiliki kompetensi di bidang yang terkait dengan topik tersbebut. Tujuannya untuk melihat bagaimana pandangan peneliti LIPI mengenai suatu peristiwa dari sudut politik sekaligus menjadi ajang memperkenalkan peneliti yang bersangkutan kepada orang di luar P2P LIPI. Hot news merupakan menu khusus yang tampil setiap tri wulan sekali yang merupakan representasi seluruh kejadian yang terjadi dalam tiga bulan terakhir. Pemilihan hot news dilewati melalui rapat redaksi untuk memutuskan news paling menonjol di dalam tiga bulan terakhir.
 
Kolom lebih merupakan cerminan opini peneliti P2P LIPI terhadap suatu peristiwa yang terjadi baik di tingkat lokal, nasional dan internasional. Jika hot news dikerjakan oleh redaksi melalui wahana wawancara terstruktur maka kolom lebih merupakan tulisan mandiri dari seorang peneliti. Bagaimana peneliti memandang sebuah peristiwa dengan dilatarbelakangi oleh berbagai referensi dan nilai yang mereka yakini. P2P menjawab adalah ajang komunikasi lembaga P2P LIPI dengan pengunjung di luar P2P LIPI. Selama ini banyak  pengunjung yang meminta informasi terkait dengan kegiatan dan hasil-hasil karya yang selama ini telah ditelorkan oleh para peneliti P2P LIPI. Wahana ini juga sebagai semacam ‘virtual front office’ bagi lembaga ketika ada pengunjung yang membutuhkan profile peneliti dan contact ketika mereka akan mengundang peneliti sebagai nara sumber bagi mereka. Terakhir kegiatan adalah sebuah rubrik yang menceritakan berbagai kegiatan yang sedang, telah dan  akan dilakukan oleh P2P LIPI baik kegiatan internal lembaga maupun kegiatan yang sifatnya kerjasama dengan pihak luar.
 
Selama mengelola website ada dua kendala yang selama ini sedikit menganggu keberlangsungan kegiatan website. Pertama teknis dan kedua substansi. Kendala teknis lebih berhubungan dengan jaringan yang sering ‘naik turun’ yang menganggu akses dan upload content sehingga terkadang isu hangat yang telah disiapkan redaksi menjadi basi karena mengalami keterlambatan dalam proses penayangan di website. Kedua berhubungan dengan persoalan substansi. Kekinian isi website yang tercermin dalam rubrik-rubrik yang tersedia di menu sangat tergantung dari pasokan naskah dari berbagai pihak terutama peneliti P2P LIPI. Tersendatnya pasokan naskah lebih disebabkan oleh kesibukan peneliti dan tiadanya penghargaan yang memadai dari segi finansial terhadap naskah yang telah masuk ke meja redaksi. Untuk itulah dibutuhkan komitmen yang tinggi baik dari redaksi dan peneliti agar keinginan mewujudkan web yang berkala, dinamik, menarik, atraktif, komunikatif bisa terwujud.