1375409440

1375409440Metrotvnews.com, Jakarta: Kependudukan kini bukan isu yang menarik untuk dibahas jika dibandingkan dengan isu lain semisal politik atau hiburan.

“Padahal, tanpa disadari, perlahan tapi pasti, isu kependudukan ini lambat laun pasti akan menjadi masalah besar di negeri ini,” ujar peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dalam seminar bertajuk ‘Kependudukan vs Politik’ di Auditorium Nurcholis Majid, Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (1/8).

Nyatanya, kini pemerintah dan masyarakat lebih asyik membicarakan siapa yang pantas jadi capres, penaikan harga bahan bakar minyak (BBM), maupun pejabat yang korupsi.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal pun menyadari hal tersebut. “Ini merupakan isu yang fundamental untuk memberikan gambaran masa depan bangsa ini,” kata Fasli.

Menurutnya, membicarakan berapa angka pertumbuhan bayi dan jumlah ibu yang meninggal saat melahirkan memang bukan topik yang dipilih para politikus. Bahkan ada selentingan yang menyebutkan ‘pil KB kalah dari pilkada’.

Setali tiga uang, pengusaha Renald Khasali berkata, “Masyarakat haruslah dibuat sadar bahwa kini kita sudah hidup terlalu berdesak-desakan karena jumlah penduduk yang terlampau banyak.”

» Sumber : Metrotvnews.com, 1 Agustus 2013

» Kontak : R. Siti Zuhro