1393227098

1393227098Tim perwakilan dari University of Leiden Belanda melakukan kunjungan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Senin (24/2). Kunjungan tersebut dalam rangka menjajaki kerja sama kedua belah pihak dalam bidang riset dan teknologi. Tim tersebut diterima oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim di Jakarta.

Lukman didampingi oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI Prof. Dr. Aswatini, Kepala Biro Kerja sama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) LIPI Nur Tri Aries S, M.A, Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI Sri Hartinah, M.Si., serta tim dari BKPI.

Sedangkan, Tim perwakilan dari University of Leiden terdiri dari Prof. dr. Wim van den Doel (Dean Faculty of Humanities), Dr. Roger Tol (Director Koninklijk Instituut Voor Taal-, Land-En Volkenkunde (KITLV)-Jakarta), Dr. Kurt de Belder (Director University of Leiden Library), Dr. Eric Beerkens (Policy Officer Internationalisation), Prof. dr. David Henley (Professor of Contemporary Indonesian Studies), Prof. dr. Gerard Persoon (Associate Professor Social Sciences), Drs. Marrik Bellen (Policy Officer Law Faculty), dan Anja Roelots (Kedutaan Besar Belanda).

“Tujuan kunjungan kami ke LIPI adalah untuk membicarakan rancangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan LIPI. Kerja sama riset dalam berbagai bidang seperti oseanografi, sosial dan kebudayaan, perpustakaan, pertukaran sivitas dan sebagainya,” ungkap Prof. dr. Wim van den Doel, Ketua Tim Perwakilan University of Leiden.

Kunjungan kali ini, lanjutnya, juga merupakan tindak lanjut pertemuan pada 23 Januari 2014. Dalam pertemuan tersebut, Dr. Roger Tol menyampaikan tentang rencana kunjungan dan adanya perubahan status kelembagaan KITLV. KITLV-Jakarta menjadi bagian dari University of Leiden.

Sementara itu, Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan bahwa pihak LIPI menyambut baik rencana kerja sama antara kedua pihak. Melalui BKPI, LIPI saat ini sedang melakukan penelaahan terhadap rancangan MoU.

Di lain hal, Lukman juga menyinggung tentang riset di Pusat Penelitian Biologi dan kebun raya. Herbarium Bogoriensis di Puslit Biologi LIPI merupakan terbesar ketiga di dunia dari segi koleksi floranya. Ia juga mengundang tim dariUniversity of Leiden untuk berkunjung dan berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun Kebun Raya Bogor yang Ke-200 pada tahun 2017. (pw)

» Sumber : Humas LIPI

» Kontak : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas