Tahun : 2010

Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah kritis yang terus dihadapi Indonesia dari waktu ke waktu. Begitu kronisnya permasalahan ini dalam pembangunan ekonomi Indonesia hampir-hampir nada pesimis muncul dalam setiap kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah. Secara teoritis, diyakini bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan kata kunci bagi pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.
Namun, seberapa jauh pertumbuhan ekonomi berkontribusi maksimal pada kedua masalah ini merupakan studi kasus per kasus yang tidak bisa digenalisir. Pada kenyataannya pertumbuhan ekonomi yang di dorong melalui peningkatan perdagangan internasional dan geliat investasi, hanyalah sebagian faktor bagi berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran. Dalam bahasa teknis terdapat faktor komplementer yang berupa kebijakan publik pemerintah yang dapat memberikan stimulus bagi peningkatan kesempatan kerja yang diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. 
Belajar dari berbagai rangkaian kebijakan stimulasi pertumbuhan yang diterapkan pemerintah, maka penelitian ini akan mencoba mengamati, mengevaluasi dan menentukan berbagai perkembangan dan dinamika pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan kemsikinan. Diharapkan dari penelitian ini nantinya akan ditemukan berbagai faktor penentu yang mendorong keberhasilan pertumbuhan ekonomi, sekaligus menciptakan sebuah rangkaian harmonisasi antara pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan pengurangan kemiskinan di Indonesia.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja, Kemiskinan, Kebijakan Publik.