Kegiatan Non Penelitian Tahun 2011

Dalam perkembangan sumber daya manusia sampai tahun 2011 Pusat Penelitian Politik LIPI (P2P LIPI) sampai saat ini sudah banyak menunjukkan kegiatannya baik pada level nasional maupun internasional yang diwujudkan dengan kerjasama dengan lembaga internasional dalam hal penelitian maupun seminar, juga sebagai nara sumber dalam diskusi-diskusi ilmiah, dan banyaknya forum internasional yang dihadiri oleh para peneliti P2P LIPI.

Pusat Penelitian Politik – LIPI (P2P-LIPI) yang dibentuk melalui Keputusan Kepala LIPI No. 1151/M/2001 tahun 2001 yang sebelumnya bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Politik dan Kewilayahan LIPI (PPW LIPI). P2P LIPI telah secara aktif melakukan berbagai penelitian dan kegiatan ilmiah di bidang politik, terutama yang menyangkut perkembangan politik lokal, perkembangan politik nasional, isu-isu regional dan masalah internasional dengan penekanan kuat pada dinamika politik kontemporer.

Dalam rentang waktu satu dasa warsa tahun 2001-2011 perkembangannya, P2P LIPI yang secara struktural sebagai salah satu pusat kajian yang berada di bawah Kedeputian Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI (IPSK-LIPI), dituntut untuk dapat menghadapi tantangan baru, baik yang bersifat akademik maupun praksis kebijakan. Secara akademik P2P LIPI dituntut menghasilkan kajian-kajian unggulan yang bisa bersaing dan menjadi rujukan ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional. Adapun secara moral P2P LIPI dituntut untuk memberikan arah dan pencerahan bagi masyarakat dalam rangka pembentukan fondasi yang kokoh bagi Indonesia baru yang rasional, adil, dan demokratis.

Dalam kerangka itu, meskipun P2P LIPI merupakan institusi pemerintah, kajian-kajian yang dilakukannya tidak semata-mata berorientasi praksis-kebijakan, melainkan juga pengembangan ilmu-ilmu pengetahuan sosial, terutama perambahan konsep dan teori-teori baru ilmu politik, perbandingan politik, studi kawasan, dan ilmu hubungan internasional yang memiliki kemampuan menjelaskan berbagai fenomena sosial-politik, baik lokal, nasional, maupun internasional. Dengan demikian, diharapkan kajian yang dilakukan oleh P2P LIPI dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan memberikan pencerahan kepada masyarakat Indonesia.

Visi : Menjadi pusat penelitian ilmu pengetahuan sosial-politik yang unggul, kompetitif dan sebagai rujukan ilmiah pada tingkat nasional dan internasional.

Misi : Ikut mendorong proses demokratisasi ke arah terbentuknya sistem politik nasional yaang rasional dan kondusif demi terwujudnya cita-cita kedaulatan rakyat, pluralitas, supremasi hukum, keberadaban, tegaknya hak-hak asasi manusia, perbaikan kesejahteraan rakyat dan pemenuhan rasa keadilan bagi semua unsur bangsa.

Dalam menjalankan tugas-tugas serta kegiatan-kegiatannya, P2P LIPI ditunjang oleh pembidangan pelaksanaan tugas dan fungsi serta struktur organisasi yang sesuai dengan yang digariskan oleh LIPI Pusat. Namun demikian, pada perkembangannya ke depan dan dengan menyadari perkembangan teknologi, perlu dipikirkan sarana dan prasarana yang lebih memadai dan menunjang kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan di P2P LIPI.

Dalam menjalankan fungsi serta kegiatan-kegiatan lainnya, P2P LIPI ditunjang oleh pembidangan pelaksanaan tugas dan fungsi serta struktur organisasi yang sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh LIPI secara keseluruhan. Walaupun begitu, sarana dan prasarana yang dimiliki dirasakan masih belum cukup memadai. Perangkat organisasi, sarana dan prasarana itu belum sesuai yang di harapkan sebagai suatu lembaga penelitian.