1434423493

1434423493Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas melaksanakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru dan Siswa se-Kabupaten Purbalingga pada Rabu-Kamis (10-11/6) lalu, di Hotel Owabong, Purbalingga, Jawa Tengah. “Pembinaan yang dilakukan oleh LIPI diharapkan akan membawa banyak hasil positif baik bagi peserta maupun bagi masyarakat Purbalingga,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga, Imam Subiyakto. Dirinya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 guru dan pelajar SMA dan sederajat ini merupakan kerja sama LIPI dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Purbalingga. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Tri Nuke Pudjiastuti MA, peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI dan Dr. Herwasono Soedjito dari Pusat Penelitian Biologi LIPI untuk peserta guru. Sedangkan untuk peserta dari pelajar diisi oleh Dr. M. Alie Humaedi dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI serta dan Dr. Evy Ayu Arida M.Sc, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Selain itu juga hadir peneliti LIPI asal Purbalingga yakni Prof. Dr. Estiko Rijanto dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI. Kehadiran Estiko diharapkan dapat memacu semangat peserta untuk lebih semangat lagi dalam mencapai prestasi.

“Pelajar Purbalingga memiliki potensi yang sama besarnya dengan pelajar di daerah lain untuk mendapatkan prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Yang penting harus tahu cita-cita kalian mau jadi apa, lalu berjuang keras” terangnya.

Menurut pengakuan peserta pelatihan karya tulis ilmiah seperti ini baru yang pertama kali bagi mereka. “Mungkin baru pertama kali diadakan di Purbalingga,” jelas Indri Wahyuni, guru SMA Negeri 1 Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

Dirinya berharap agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan. “Dengan pengembangan diri yang baik pada bidang penulisan karya ilmiah, berbagai ide siswa dan potensi yang ada di Purbalingga diharapkan akan lebih tergali lagi,” imbuhnya. (gst/ed:fza)

» Sumber : Humas LIPI» Info lanjut : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas