Peliputan LIPI Springer 6

Pada tanggal 1 November diadakan kegiatan LIPI-Springer Book Publishing Forum di Mini Stage ISE 2018 yang berlokasi di ICE BSD. Kegiatan ini merupakan bagian dari sharing session tentang kerjasama Co-Publishing dengan Springer Book Publishing yang merupakan penerbit bereputasi Internasional.

Pada pembukaanya Rahmi Lestari, Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press)  menyatakan ucapan terima kasihnya kepada Springer Book Publishing dan juga meberikan ucapan selamat kepada para kontributor yang karyanya sudah terbit di Springer maupun yang sedang diproses untuk diterbitkan. Kegiatan ini menurut Rahmi bertujuan untuk melaksanakan penandatangan perpanjangan kerja sama co-publishing agreement LIPI-Springer untuk periode selanjutnya, terlaksananya forum diskusi penulis, calon penulis dan penerbit dan ketiga pemberian penghargaan/apresiasi untuk 2 (dua) buku co-publishing LIPI Press-Springer yang telah terbit.

Peliputan LIPI Springer 6

Ket. Gambar: Pembukaan oleh Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press), Rahmi Lestari

Mego Pinandito, Deputi Bidang Jasa Ilmiah, dalam sambutannya menceritakan awal kerjasama LIPI Press dengan Springer yang dimulai dari ajang pameran buku internasional di Frankfurt Book Fair pada bulan Oktober 2015. Pertemuan tersebut kemudian menghasilkan Co-publishing Agreeement antara LIPI Press dengan Springer Book Publishing yang ditandatangi secara online melalui aplikasi DocuSign. Pertemuan tersebut juga menyepakati menyepakati kerja sama penerbitan bersama (c0-publishing) terhitung tanggal 18 Januari 2016. Dari pihak LIPI Press, kerja sama ditandatangani langsung oleh Rahmi Lestari Helmi dan Bambang Subiyanto yang saat itu menjabat sebagai Deputi Bidang Jasil. Kemudian dari pihak Springer ditandatangi oleh Executive Editor/Asset Manager William Achauer dan Managing Director Harmen van Paradijs.

Peliputan LIPI Springer 5

Ket. Gambar: Sambutan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI,  Dr. Mego Pinandito, M.Eng.

Mego menjelaskan bahwa pada saat itu disepakati 5 (lima) buku yang sudah diterbitkan oleh LIPI Press yang diterbitkan kembali  melalui skema co-publishing, yaitu penerbitan dalam versi bahasa Inggris dan direvisi secara substansi sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang tersebut.

Dalam kesempatan kali ini diberikan penghargaan kepada dua buku yang telah terbit yaitu buku berjudul Foreign Policy and Energy Security Issues in Indonesia dengan editor dan penulis Athiqah Nur Alami, Ganewati Wuryandari, R.R. Emilia Yustiningrum and Nanto Sriyanto. Buku tersebut sudah terbit sebelumnya di LIPI Press dengan judul Politik Luar Negeri Indonesia dan Isu Keamanan Energi. Buku kedua berjudul Six Decades of Indonesia-China Relations  dengan editor dan penulis Lydia Christin Sinaga, Adriana Elisabeth, Ratna Shofi Inayati, Tri Nuke Pudjiastuti, Nanto Sriyanto and Ganewati Wuryandari. Buku tersebut juga sudah diterbitkan dengan judul Hubungan Indonesia-China dalam Dinamika Pertahanan-Keamanan dan Ekonomi di Asia Tenggara. Dua buku tersebut mendapatkan penghargaan dari LIPI Press dan Penerbit Springer.

Peliputan LIPI Springer 8

Ket. Gambar: Pemberian penghargaan pertama kepada buku yang telah terbit yaitu buku berjudul Foreign Policy and Energy Security Issues in Indonesia.

Peliputan LIPI Springer 7

Ket. Gambar: Pemberian penghargaan kedua kepada buku yang telah terbit yaitu buku berjudul Six Decades of Indonesia-China Relations.

Dari IPSK LIPI yang sedang proses terbit antara lain buku berjudul From Colonization to Nation-State: The Political Demography of Indonesia karya Riwanto Tirtosudarmo, The Politics of Migration in Indonesia and Beyond karya Riwanto Tirtosudarmo, Population Growth and Population Welfare karya Mita Noveria, Titik Handayani, Aswatini, Ade Latifa, Haning Romdiati, Bayu Setiawan, Meirina Ayumi Malamassam, Gusti Ayu Ketut, Surtiari, Vanda Ningrum, Dewi Harfina, dan Eniarti B. Djohan.

Selain itu ada beberapa buku yang ditulis oleh para peneliti IPSK LIPI yang terpilih dan akan diterbitkan oleh Springer Book Publishing antara lain:

  1. Gender dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Editor/Penulis: Wati Hermawati, Sjamsiah Achmad, Tri Handayani, Nani  Grace S., Maulana Akbar, Herliyani Suharta, Neni Sintawardani, Dewi Nilawati, Ken Ushijima, Mita Noveria, Ade Latifa, Mia Rahma Romadona, Trina Fizzanty, Mia Amelia, Chichi Shintia Laksani, Carolina, Sadono Sriharjo, Alvini Pranoto, Agnes Irwanti, Satriyo Dharmanto, Syafrizal  Maludin, dan Achie Sudiarti Luhulima.
  2. Perempuan Kepala Daerah dalam Jejaring Oligarki Lokal. Editor/Penulis: Kurniawati Hastuti Dewi, Atikah Nur Kusumanigtyas, Fatimah Fildzah Izzati, dan Esty Ekawati.
  3. Akses Listrik & Kesejahteraan Masyarakat. Editor/Penulis: Maxensius Tri Sambodo, Siwage Dharma Negara, Ahmad Helmy Fuady, Felix Wisnu Handoyo, dan Erla Myshelisda
  4. Penelitian dan Pengarusutamaan Gender: Sebuah Pengantar. Penulis: Widjajanti M. Santoso
  5. Perpecahan & Soliditas Partai Islam di Indonesia: Kasus PKB dan PKS Dekade Awal Reformasi.  Penulis: Firman Noor
  6. Kemanan Maritim ASEAN dalam Perspektif Ekonomi Politik Indonesia. Editor/Penulis: Khanisa, Faudzan Farhana, M. Riefqi Muna, Ratna Shofi Inayati, Pandu Prayoga, Tri Nuke P., Adriana M. Elizabeth, dan C.P.F. Luhulima
  7. Indeks Kerentanan & Profil Rumah Tangga Miskin. Editor/Penulis: Thung Ju Lan, Soewarsono, Aulia Hadi, Wasisto Raharjo Jati, Azzahra Ulya, Irene M. Nadhiroh, dan Mia Amelia.

Peliputan LIPI Springer 20

Ket. Gambar: Diskusi oleh Deputi Bidang IPSK, Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA bersama Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press), Rahmi Lestari dan perwakilan dari Springer, Mrs. Alex.

Pada sesi selanjutnya Deputi Bidang IPSK, Tri Nuke Pudjiastuti, memandu acara diskusi sebagai moderator dengan pembicara Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press) dan perwakilan dari Springer. Diskusi ini terkait bagaimana proses penerbitan di Springer, tema-tema yang sesuai, terkait komitmen penulisan, juga terkait dengan proses seleksi. Menurut pihak Springer salah satu yang menarik adalah isu-isu terkait hubungan internasional, kependudukan, dan isu sosial humaniora lainnya. Yang jelas menurut pihak Springer, dunia saat ini memerhatikan Indonesia. Isu-isu yang relevan akan membuat daya tarik bagi penjualan. Acara kemudian ditutup dengan acara foto bersama. (Anggi Afriansyah dan Anggih Tangkas Wibowo)

Peliputan LIPI Springer 10

Ket. Gambar: Foto bersama dengan Deputi Bidang IPSK (Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA), Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI (Dr. Mego Pinandito, M.Eng.), Kepala UPT Balai Media dan Reproduksi LIPI (LIPI Press), Rahmi Lestari dan perwakilan dari Springer (Mrs. Alex).