cover evaluasi pemilu

cover evaluasi pemiluTitle: Evaluasi Pemilu Legislatif 2009: Tinjauan atas Proses Pemilu, Strategi Kampanye, Perilaku Memilih dan Konstelasi Politik Hasil Pemilu 
Type: Book
Author: Lili Romli (editor), Syamsuddin Haris, Firman Noor, Tri Rainny Syafarani 
Publisher: LIPI Press
Year: 2009

 Buku Evaluasi Pemilu Legislatif 2009: Tinjauan atas Proses Pemilu, Strategi Kampanye, Perilaku Memilih dan Konstelasi Politik Hasil Pemilu ini adalah penelitian mengenai pemilihan umum (pemilu) di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses Pemilu Legislatif 2009 yang dianggap masih bermasalah. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan juga sebagai upaya evaluasi terhadap pelaksanaan pemilu tersebut.

Dalam buku ini dapat ditemukan jawaban pertanyaan tentang:

  • Bagaimana kualitas penyelenggaraan Pemilu 2009 dibandingkan dengan pemilu sebelumnya, dan apa saja problematik yang terdapat di dalam sistem dan regulasi Pemilu 2009.
  • Bagaimana pola dan strategi partai politik dan calon anggota legislatif dalam upaya mendekati konstituen untuk mendapatkan dukungan suara.
  • Bagaimana tingkat partisipasi politik dan kecenderungan perilaku memilih pada Pemilu 2009
  • Sejauhmana sistem pemilu dan meningkatnya jumlah peserta pemilu akan mengubah peta kekuatan politik di DPR hasil Pemilu 2009. Bagaimana terjadinya pergeseran peta kekuatan politik dan apa faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Lebih dari itu, melalui buku ini para peneliti juga menawarkan rekomendasi sebagai solusi pembenahan pemilu Indonesia ke depan. Dengan demikian, buku hasil penelitian mengenai pemilu ini menjadi penting untuk dijadikan referensi, dan diharapkan dapat dijadikan acuan untuk menjawab tantangan realitas pertumbuhan demokrasi Indonesia di masa yang akan datang.