JAKARTA (HN) – Peniliti senior bidang komunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rusdi Muchtar mengusulkan agar pemerintahan Presiden Joko Widodo mendatang mampu meningkatkan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Pada pemerintahan sebelumnya, komunikasi dari pemerintah kepada masyarakat belum maksimal sehingga banyak program-program pemerintah yang tidak diketahui masyarakat,” kata Rusdi Muchtar kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Menurut Rusdi, karena tidak maksimalnya komunikasi dari pemerintah kepada masyarakat sehingga perkembangan dari program pemerintah tidak banyak diketahui masyarakat, tapi hanya diketahui di kalangan terbatas.

Rusdi mengimbau agar keputusan pemerintah yang terkait dengan kebijakan publik bisa diumumkan kepada masyarakat luas.

“Ini menjadi tantangan presiden mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan, pengumumuman setiap keputusan pemerintah bisa disampaikan melalui jalur resmi yakni Kementerian Kominfo.

Karena itu, Rusdi mengusulkan, menteri Kominfo mendatang adalah ahli komunikasi yang cerdas serta memiliki jaringan komunikasi luas.

Rusdi juga mengusulkan agar menteri Kominfo mendatang adalah figur muda sehingga memiliki pikiran yang segar serta tanggap terhadap perkembangan kemajuan teknologi di bidang komunikasi.

Ketika ditanya siapa figur tersebut, Rusdi menyebutkan adalah Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Yuliandre Darwis.

Doktor komunikasi lulusan Malaysia yang kini berusia 34 tahun ini, menurut Rusdi, memiliki jaringan luas di bidang komunikasi, baik sebagai ketua umum ISKI, maupun di organisasi sosial dan organisasi pengusaha muda.

“Meskipun diusia muda, saya meyakini Yuliandre dapat mengemban tugas sebagai Menteri Kominfo pada pemerintahan mendatang,” katanya. (mul)

 

Sumber: Harian Nasional Online